Saatnya Perhatikan Ekosistem Flora-Fauna dan Reboisasi

Penanaman pulang atau reboisasi di kawasan-kawasan yang tidak jarang banjir dan tanah longsor. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan bahwa ketika ini mulai konsentrasi pada hal-hal yang sehubungan dengan ekosistem satwa, flora-fauna. Di samping itu, lanjutnya, pun penanaman pulang atau reboisasi di kawasan-kawasan yang tidak jarang banjir dan tanah longsor.

“Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero memiliki keterampilan untuk menampung 6 pasang Elang Jawa, namun yang dilepas hari ini melulu satu pasang,” ujar Presiden Jokowi usai secara simbolis melepas Elang Jawa di TNGM Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Saatnya Perhatikan Ekosistem Flora-Fauna dan Reboisasi


Kalau nanti terdapat lagi Elang Jawa yang dilepas, menurut keterangan dari Presiden tidak hanya elangnya saja tetapi pun burung-burung yang kecil, yang digunakan untuk makanan elang.

“Tadi kan telah saya sampaikan pun di sana, tanam vetiver, tanam tanaman-tanaman yang juga faedah hijaunya terdapat tapi faedah ekonominya pun ada,” ujar Presiden sambil menambahkan bakal terus mendorong urusan ini.

Dalam peluang tersebut, Presiden Jokowi pun mendengarkan laporan pengelolan Volcano Science Techno Park, Sistem Pengendalian Banjir Lahar Gunung Merapi, dan sejarah mengenai Gunung Merapi.

Turut muncul dalam kegiatan ini, Mensesneg Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Provinsi DIY Sultan Hamengkubuwono X.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan