Dua Orangutan di Thailand bakal Pulang Kampung ke Indonesia

Dua orangutan di Thailand bakal pulang dusun ke Indonesia pada akhir Desember 2019 ini. Departemen Taman Nasional, dan Konservasi Satwa dan Tanaman Thailand bakal merepatriasi atau memulangkan dua orangutan mempunyai nama Kola dan Giant. Kola dan Giant tadinya diasuh di Thailand di bawah perjanjian Konvensi Pertukaran Internasional dalam Spesies Flora dan Fauna yang Dilindungi atau CITES yang diratifikasi Thailand pada 1983.

Kola akan kembali lebih dulu. Kola bermunculan sembilan tahun kemudian dari orangtua yang berasal dari Indonesia. Kedua orangtua Kola telah dipulangkan pada 2015.

Dua Orangutan di Thailand bakal Pulang Kampung ke Indonesia


Setelah Kola, Giant yang berusia tujuh tahun bakal menyusul. Giant diamankan dari seorang penyelundup fauna lima tahun lalu. Kola dan Giant sekitar ini diasuh di penangkaran kepunyaan Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand di provinsi Ratchaburi.

Kendati dua-duanya lahir di Thailand, otoritas Thailand mengejar bahwa DNA keduanya sesuai dengan orangutan yang biasa ditemukan di Kalimantan dan Sumatra. Berdasarkan aturan CITES, satwa yang ditangkarkan mesti dibalikkan ke negara asalnya.

Sebelumnya, Thailand pernah membalikkan 14 orangutan ke Indonesia pada 2015. Pemulangan ini bakal jadi yang kedua kalinya. Seorang pejabat kementerian yang menampik disebut namanya, menyebut bakal ada empat orangutan lainnya yang dipulangkan ke Indonesia. Adapun ongkos pemulangan, ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah Thailand.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan